Linjamsos: Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial kunjungi juga www.kemsos.go.id, situs Kementerian Sosial RI

MURI sematkan Pelantikan Relawan Tagana Musi Rawas Utara Terbesar di Indonesia

Dipublikasi pada Wednesday, 07 December 2016 oleh ria

Pelatihan PPNS 2012

Senin, 28 November 2016, Masyarakat Musi Rawas Utara (mendapatkan anugerah dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas Pengukuhan 1.500 Relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Karang Dapo, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan. Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat menjelaskan, Musi Rawas Utara dipilih sebagai kabupaten percontohan dikarenakan rentan bencana alam terutama banjir dan longsor. Selain itu, Kementerian Sosial juga bakal menfokuskan pemetaan Kampung Siaga Bencana pada 323 Kabupaten/Kota di Indonesia. "Kita fokuskan pemetaan Kampung Siaga Bencana sehingga masyarakat yang berada di daerah rawan bencana bisa lebih sigap," jelasnya.

 



Pemetaan Kampung Siaga Bencana terhadap ratusan Kabupaten/Kota tersebut mengacu kepada data yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Adapun data terakhir yang dikeluarkan BNPB ada 323 Kabupaten/Kota yang rawan bencana alam. Dengan dibentuknya kampung siaga bencana, antisipasi dampak bencana bisa cepat dilakukan karena adanya kerja sama antar pemerintah daerah dan pusat. Persoalan administrasi yang kerap menjadi ganjalan dalam penanganan bencana diharapkan tidak lagi terjadi setelah adanya kampung siaga bencana (KSB). Pembentukan KSB ini diharapkan mampu membantu pemerintah untuk menangani banjir dan longsor yang sering terjadi di wilayah-wilayah rawan bencana.

 

Untuk mempercepat penanggulangan bencana,pemerintah juga akan terus merekrut Taruna Siaga Bencana atau Tagana sebagai wujud Community Based Disaster Management. Hingga saat ini terdata 32.000 Tagana yang bertugas menangani bencana. Itu di luar 1.500 sahabat Tagana yang baru saja kita lantik di Kabupaten Musi Rawas Utara ini.

 

Sementara itu, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Adhy Karyono menjelaskan, pelantikan 1.500 Sahabat Tagana baru tersebut merupakah pemecahan rekor Muri sebagai pelantikan relawan terbesar saat ini. (Berita dan foto oleh Fauzan)

 

Posted in pskba

Associated Topics

pskba

 

logo kementerian sosial