Linjamsos: Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial kunjungi juga www.kemsos.go.id, situs Kementerian Sosial RI

Pengelolaan Bencana Berbasis Masyarakat

Dipublikasi pada Thursday, 06 October 2016 oleh ria

Jepang belajar dari CBDM Bencana Garut & Sumedang

 

CEMIJ 1

Garut, 5 Oktober 2016, Direktur PSKBA dan mitra kerja dari Community Emergency Management Institut Japan (CEMIJ) sebanyak 5 orang yang dipimpin oleh Direkturnya Dr. Nakayama, melakukan kunjungan lapangan ke lokasi banjir bandang Garut dan longsor Sumedang. Kunjungan dimaksud dalam rangka untuk melihat secara langsung bagaimana best pratice dari implementasi Community Based Disaster Manajement (CBDM) pada saat tanggap darurat, khususnya yang dilakulan oleh Tagana dan relawan lainya dibawah Kementerian Sosial.

 



CEMIJ 4

CEMIJ merupakan organisasi kemasyarakatan dibawah Ministery of Justice Japan yang bergerak dalam bidang tanggap darurat bencana yang berbasiskan masyarakat, tertarik untuk tetap melanjutkan kerjasamanya dengan Direktorat PSKBA. Kesepakatan MoU sudah dalam draft final untuk ditandatangani dalam waktu dekat, diantaranya memuat kerjasama peningkatan kapasitas bagi relawan Tagana dan pengembangan Kampung Siaga Bencana, dalam bentuk tehnical assistant, bantuan peralatan bencana dan banchmarking dibidang kebencanaan yang dilakukan oleh masyarakat.

 

CEMIJ 3

Pada kunjungan ke Garut, rombongan diterima oleh Kepala Dinas Sosial dan Asisten 3 bidang Ekonomi Kabupaten Garut beserta jajaranya serta Tagana yang masih aktif melakukan pendistribusian bantuan ke lokasi pengungsian. Lalu peninjauan ke Hunian Sementara di Islamic Center Garut yang menampung 369 jiwa korban banjir bandang Sungai Cimanuk dan lokasi kejadian bencana di PSTW Jiwa Baru Kecamatan Tarogong Kaler.

 

Dalam kesempatan tersebut dilakukan diskusi dengan Tagana dan pengelola huntara serta wawancara dengan pengungsi. CEMIJ Mengakui bahwa manajemen bencana khususnya yang dilakulan oleh Tagana sangat luar biasa terkait pengolahan data, keterlibatan dalam evakuasi, penyediaan dan pendistribusian bantuan logostik serta aktivitas lainnya dalam pengelolaan shelter.

 

CEMIJ 5

Khusus peninjauan lokasi di PSTW Jiwa Baru, CEMIJ sangat apresiasi bahwa aksi heroik dari seorang petugas panti yg sudah dilatih penanggulangan bencana, Ade Kartiwa yang telah menyelamatkan 73 lansia pada saat banjir bandang terjadi, menunjukkan kesiapan sebagai anggota masyarakat yang telah dilatih penanggulangan bencana. CEMIJ Berjanji akan memberikan penghargaan khusus atas jasa dari petugas tersebut.

 

Di Kabupaten Sumedang, CEMIJ berkesempatan mengunjungi pengungsian di GOR Tajimalela yang saat ini dihuni 96 kKK / 397 jiwa untuk melihat bagaimana pelayanan data, manajemen logistik, operasional dapur umum, layanan dukungan psikososial yang dilakukan oleh Tagana.

 

CEMIJ 7

Di akhir kunjungan CEMIJ mendapat kesimpulan berharga bahwa pertama, secara umum pelaksanaan manajemen pengungsian dan perlindungan yang dilakukan pemerintah khususnya Kementerian Sosial, Dinas Sosial Propinsi dan Kabupaten berjalan dengan baik, terkoordinasi dan sinergis dengan semua stakeholder yang ada. Kedua, proses pelayanan untuk pengungsian sudah berjalan dengan baik, kususnya pelayanan dapur umum dan psikososial untuk anak-anak, lansia dan kelompok rentan lainya. Dan ketiga, bahwa praktek penanggulangan bencana berbasis masyarakat di Indonesia sudah kuat, terbukti dengan keterlibatan personil terlatih tidak hanya dari Tagana tetapi juga dari unsur relawan lainnya seperti Pendamping PKH, pengurus KSB, TKSK, Karang Taruna, PSM dll bahu membahu melakukan pertolongan. Disamping itu banyakanya donasi masyarakat, NGO, CSR dunia usaha yang secara bersama-sama saling melengkapi kebutuhan dari pelayanan pengungsi korban bencana. s=Semua ini dapat terjadi karena duka Garut dan Sumedang adalah duka seluruh Bangsa Indonesia. Jepang ingin belajar banyak dari Indonesia, karena semua itu tidak demikian yang terjadi dengan pelaksanaan CBDM yang saat ini ada di masyarakat Jepang. (Ditulis oleh : Dit. PSKBA)

 

CEMIJ 8

CEMIJ 2

Posted in pskba

Associated Topics

pskba

 

logo kementerian sosial